Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Gratis SEO Google

labcomufma.com Sekarang ini sudah banyak orang yang mencari cara belajar gratis SEO demi mendapatkan peringkat website supaya bisa mencapai posisi tertinggi di mesin pencarian. Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja SEO Google dengan benar supaya nantinya Anda dapat mengoptimalkan SEO pada website Anda. 



Cara Kerja SEO Google

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik yang dapat meningkat sebuah website. Anda dapat memperhatikan cara kerja SEO di Google di bawah ini. 

  1. Crawling


Crawling merupakan sebuah proses perayapan yang dilakukan oleh bot seperti google terhadap halaman situs website yang terdapat di Internet. Untuk mendapatkan proses yang dilakukan oleh bot tersebut, halaman situs harus di setting untuk publik. 


Harus Anda ketahui, bahwa tahapan ini merupakan tahapan yang paling menentukan keberhasilan dalam tindakan SEO website yang dilakukan.


Jika situs website tidak bisa di crawling bot google, maka situs Anda tidak akan pernah muncul di mesin pencari.


  1. Indexing


Indexing adalah suatu proses penyimpanan serta pengumpulan data halaman website yang sudah di crawling oleh bot Google.


Data yang dikumpulkan berupa informasi yang tersedia di halaman website. Seperti konten, kecepatan website dan lain sebagainya. Konten tersebut bisa berupa artikel, media visual seperti gambar atau video. Indexing Google akan mengumpulkan sebanyak mungkin file atau data yang terdapat di website Anda. 


Dari data tersebut, Google akan melakukan penilaian terhadap website Anda. Tepatnya pengujian layak atau tidaknya situs yang Anda miliki untuk tampil di halaman pertama Google. Anda juga harus mengetahui bahwa indexing tidak akan bisa dilakukan apabila tidak melakukan proses crawling terlebih dahulu.


Jadi Anda harus pastikan proses sudah berhasil dilakukan. Untuk melakukan pengecekan  apakah website atau halaman website sudah  terindex Google, Anda hanya perlu mengetikan:  site:domain.com di kotak pencarian Google. 


Jika situs Anda muncul,  berarti Google sudah melakukan indexing. Namun, jika situs website Anda tidak tampil, ini berarti website Anda belum terindex dengan benar.



  1. Penayangan

Ketika pengguna internet mencari kata kunci di Google maka website akan menampilkan link website yang dianggap layak oleh pihak Google. Terdapat kriteria umum yang harus relevansi yaitu search intent, konten, bahasa, serta history dari browser yang digunakan. Tahapan terakhir ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap peringkat website. Semakin bagus website yang sudah dilakukan optimasi, akan semakin bagus juga rangking yang di dapat. 


Tahapan SEO (Search Engine Optimization)

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website. Berikut tahapannya:


  1. Menetapkan KPI SEO

Membuat KPI atau Key Performance Indicator, alat yang satu ini digunakan untuk mengukur kinerja SEO yang sudah Anda lakukan dalam satuan waktu tertentu.  Revenue, traffic, ranking, metrik SEO dan lain sebagainya harus Anda perhatikan. Selain itu Anda juga harus menentukan jangka waktu memproses SEO tersebut. 


  1. Membuat SEO Action Plan

SEO Action Plan merupakan sebuah rencana tindakan SEO untuk website. Melalui action plan ini Anda harus melakukan perincian untuk memproses SEO setiap hari. Setidaknya ada 2 hal terpenting yang harus ada di dalam SEO Action Plan adalah backlink, konten. 


  1. Riset keyword potensial

Riset Keyword merupakan proses untuk menemukan dan mengembangkan ide keyword sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan seperti search intent, volume, dan level persaingan. Banyak yang mengalami kegagalan karena tidak melakukan riset terlebih dahulu. Jika keyword tidak di riset terlebih dahulu, maka akan sulit untuk mencapai tujuan optimasi website.


Oleh sebab itu riset tersebut harus dilakukan untuk mencari tahu keyword mana yang dapat digunakan dan pastinya yang akan menghasilkan kemajuan terhadap website. Terdapat begitu banyak keyword yang sebenarnya bisa digunakan akan tetapi jauh lebih baik jika melakukan riset terlebih dahulu menggunakan tools-tools khusus SEO. 


Riset keyword sangat berguna untuk mengoptimasi website yang relevan dengan SEO. Karena para pengguna tentunya akan menggunakan mesin pencari untuk mencari sesuatu yang diinginkan berdasarkan keyword apapun yang sudah teroptimasi dengan Google. 


Belajar gratis SEO sangatlah mudah dipelajari untuk Anda. Jika Anda ingin lebih memahami lebih lanjut tentang SEO Anda bisa menghubungi jasa SEOMEDIA. Jasa tersebut merupakan jasa yang profesional dalam bidang SEO. Anda bisa menggunakan jasa tersebut untuk mencari tahu lebih lanjut terhadap teknik SEO.


Posting Komentar untuk "Belajar Gratis SEO Google"